iPhone 3G VS Blackberry Bold 9000 Siapa Yang Menang?

SEBETULNYA antara Blackberry Bold 900 dengan Apple iPhone 3G tidak bisa dibandingkan. Kenapa? Dari segi pasar jelas Apple iPhone 3G lebih ditujukan untuk segmen yang tidak sensitif terhadap harga. Namun karena posisinya sebagai icon ponsel tingkat atas mau tidak mau akan memberikan pilihan yang sulit terutama bagi konsumen yang memiliki budget unlimited. Blackberry Bold untuk saat ini dianggap merupakan produk dari RIM yang terbaik bahkan melampaui Blackberry Storm yang notabene sudak mengadopsi teknologi touchscreen. Orang sudah kadung menganggap "Blackberry=QWERTY" makanya akan terasa kikuk jika tiba-tiba pengguna Blackberry harus berurusan dengan teknologi layar sentuh. Jadi konsumen harus membiasakan diri atau dengan kata lain harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan Blackberry-nya. Sedangkan jika kita lihat Apple iPhone 3G hal pertama yang terlintas yaitu dengan iPod. Kita tahu iPod adalah digital multimedia player paling terkemuka di dunia. Jadi dengan membeli Apple iPhone 3G ini kita bisa menikmati suguhan musik sekelas iPod, koneksi internet wireless kecepatan 3,5 G serta fungsi ponsel.Lalu masalah yang muncul kemudian yaitu jika kita memiliki dana yang cukup lalu dihadapkan dengan 2 produk ini. Pasti jawaban klise yang kita dapat yaitu "sesuaikan dengan kebutuhan". Memang untuk dua produk ini jawaban tadi bukanlah klise karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Lalu apa saja sih perbedaannya? 1. Harga Mahal atau tidak adalah relatif, Blackberry Bold dijual seharga 7,5 juta sedangkan iPhone 3G seharga 9 juta. iPhone 3G memiliki mekanisme pemasaran yang unik dimana ekslusifitas menjadi hal yang mereka cari. Tak hanya di Indonesia juga di belahan dunia lainnya iPhone3G hanya dijual resmi melalui operator.  Harga yang ditawarkan paling rendah sebesar 199 dollar AS disertai syarat dan ketentuan yang berlaku. Dimana akan ada pembayaran di belakang berupa cicilan beserta tagihan bulanan. Sementar Bold tidak demikian, ponsel ini layaknya dijual seperti ponsel biasa dengan harga yang relatif sama. Namun tidak berhenti sampai disitu. Kecuali jika Bold hanya digunakan untuk gaya saja.  Untuk menikmati layanan internet Blackberry pada peranti ini harus diaktifkan dan layanan ini berbayar. Untuk "perpindahan tangan" bagi Blackberry harus ada normalisasi PIN serta swapping Software. Beda halnya dengan iPhone 3G memiliki mekanisme perpindahan tangan yang lebih baik.

2. Desain
Ukuran menjadi momok bagi Bold, kenapa? Karena dirancang untuk berkirim pesan teks baik sms maupun email makanya dibuat keypad berupa QWERTY. Celakanya ukuran tangan orang Indonesia relatif lebih besar sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk sms-an dengan satu jari. Lalu bagaimana dengan iPhone 3G? Desainnya stylish, dengan hilangnya keypad menjadi keunggulan bagi iPhone 3G. Menjadi lebih tipis serta lebar tanpa mengurangi kenyamanan saat digenggam dengan satu tangan. Material iPhone 3G sekilas ringkih tidak tahan goresan dan guncangan.  Padahal tidak demikian dengan kenyataannya. Kaca yang melapisi iPhone dibuat dengan bahan antigores. Namun kekurangan iPhone dari sisi lain yaitu penggunaan baterai yang tertutup. Tidak seperti ponsel biasa yang begitu mudahnya untuk membuka baterai. Beda dengan iPhone, untuk mengganti baterai yang drop harus ke service center. Kenapa? Untuk mengganti baterai harus merusak dulu segel dan kehilangan garansi jika dilakukan sendiri.
Nah sekarang kita bicara mengenai kualitas layar keduanya. Jika kita bandingkan bisa dibilang seimbang. Kenapa demikian? Masing-masing menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki lainnya.
Bold menawarkan kualitas layar berkualitas dengan resolusi HVGA 480 x 360 pixel . Tampilan gambar lebih rapat serta nyaman dilihat. Lalu bagaimana dengan iPhone? Ukuran layar iPhone QVGA 320 x 240 pixel. Meskipun kedalaman warna sudah true color atau 16 juta warna tapi tetap masih kalah kinclong dengan Bold. Tapi iPhone memiliki senjata pamungkas untuk urusan layar berupa ukuran diagonal layar mencapai 3,5 Inchi. Apa keuntungannya? Apa yang ditampilkan oleh display iPhone akan terlihat jelas, terang dan besar. Sangat cocok untuk berselancar di dunia maya serta menjalankan aplikasi musik.*

Posted in Label: , , |